oleh

Wow Keren, IRMARI, Remaja Masjid Raudhatul Iman Berwawasan Digital

DEPOK | Maslahat Umat – Belum lama ini, pada malam 17 Ramadhan 1441 H atau 14 Mei 2020, bertepatan pada malam Nuzulul Qur’an, Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Raudhatul Iman membentuk Ikatan Remaja Masjid Raudhatul Iman atau yang disingkat IRMARI.

IRMARI didirikan atas inisiasi Adhes Satria Sugestian selaku Sekretaris DKM Raudhatul Iman, dan Alimih yang menjabat sebagai Ketua Dewan Pembina IRMARI.

Setelah berdiri, selanjutnya dilakukan pembentukan Struktur Organisasi dan susunan pengurus IRMARI yang dilakukan pada malam 22 Ramadhan 1441 H atau bertepatan pada 14 Mei 2020 di Lantai II Masjid Raudhatul Iman, Pancoran Mas, Depok, Jawa Barat, disaksikan oleh Ketua DKM Bapak Naiman.

Setelah musyawarah dan mufakat, peserta yang hadir dalam Rapat Perdana menyatakan kesetujuannya atas pemilihan Ketua Umum dan Susunan Pengurus lainnya. Adapun Sandy Prihanto terpilih sebagai Ketua Umum IRMARI, dan Wakil Ketua Umum dipercayakan kepada Yudho Tri Astomo.

Tujuan didirikan IRMARI adalah Mencetak generasi muda Islam yang beriman dan bertaqwa, berakhlak mulia, berjiwa tangguh, berwawasan kebangsaan, membela Tanah Air dan Agama, dalam rangka melanjutkan estafet perjuangan, yang diharapkan melahirkan pemimpin masa depan untuk menyongosong peradaban Islam yang gemilang.

Sedangkan visi-misinya adalah Memakmurkan masjid; Meningkatkan iman dan taqwa; Menjadikan hidup penuh manfaat; Berlomba-lomba dalam kebaikan; Mencerahkan dan mencerdaskan umat; Menjalin ukhuwah Islamiyah dan mempererat jalinan silaturahim; Membangun sikap peduli dan tolong menolong dalam kebaikan.

Dalam susunan pengurus IRMARI, ada beberapa divisi atau bidang yang dibentuknya, yakni: Divisi Komunikasi dan Informasi (Kominfo), Divisi Dakwah & Syiar Islam (DASI), Divisi Sosial & Kemasyarakatan (SOKEM), dan Divisi Pendidikan & Pelatihan (DIKLAT).

Ketua Umum IRMARI, Sandy Prihanto, usai pelantikan, berharap, Ikatan remaja masjid ini aktif dalam memakmurkan masjid dan mengembangkan syiar Islam, khususnya di lingkungan Pancoran Mas, Depok

Hal senada juga dikatakan Wakil Ketua Umum Yudho Tri Astomo, “Diharapkan anak muda di lingkungan kami bukan sekedar nongkrong, tapi ada kegiatan yang positif, saling belajar, mendapatkan pengalaman berorganisasi, dan terpenting mengajak anak muda untuk mencintai masjid.”

Ketua DKM Raudhatul Iman Bapak Naiman, yang hadir saat pemilihan Ketua Umum IRMARI mengaku senang, mengingat sebelumnya belum pernah ada Remaja Masjid di dalam kepengurusn DKM yang baru ini.

“Kami ingin mencetak regenerasi, untuk melanjutkan estafet perjuangan para pendahulunya. Jika generasi tua sudah tiada, maka ada pengganti yang akan meneruskannya. Kami tentu sangat terbantu dengan kehadiran remaja masjid dalam memakmurkan masjid Raudhatul Iman,” kata Naiman.

Alimih selaku Ketua Dewan Pembina dan Pengarah berharap, IRMARI tidak anget-anget tai ayam, harus istiqamah, dan menjadi contoh teladan bagi lingkungan di sekitarnya. “Kalau bukan anak muda, siapa lagi yang akan melanjutkan perjuangan generasi tua. Kami hanya mendampingi, melakukan pembinaan dan pengarahan, namun biarkan anak muda yang mengembangkan kreatifitas mengikuti zamannya,” tandasnya.

Sebelum melakukan rapat kerja dan koordinasi untuk membahas program-program selama setahun, sesuai dengan tanggungjawab divisi-divisi yang telah diamanahkan, sebagian pengurus IRMARI diperbantukan untuk menjadi Panitia Penerimaan Zakat Fitrah, Infaq dan Shadaqah, serta menjadi bagian Panitia Penyelenggaraan Shalat Idul Fitri.

“Sehabis lebaran, insya Allah, kami akan menata sekretariat IRMARI yang berada di lantai II Masjid Raudhatul Iman. Cita-citanya sih pengen bikin studio Podcast, Perpustakaan, menghidupkan sosmed, dan menjadi youtubers Irmari Channel. Kami juga ingin mengadakan kajian-kajian keagamaan yang kami namakan NIMBRUNG (Ngaji Ilmu Agama Sembari Ngupi). Mohon doa dan dukungannya, moga bisa terlaksana,” kata Ketua Divisi Infokom, Andreas Agymnastiar berharap. (des)

News Feed