oleh

Umat Islam Tidak Akan Berwakaf di Institusi yang dikelola Negara

JAKARTA | Maslahat Umat — Sejumlah ulama dan tokoh Islam se-Indonesia menyampaikan pernyataan sikapnya terkait Gerakan Wakaf Nasional yang dicanangkan oleh Presiden RI dan akan dikelola oleh Insitusi yang dibentuk negara. Pernyataan tersebut ditujukan kepada Presiden RI Jokowi, dengan tembusan Majelis Ulama Indonesia (MUI), Nahdlatul Ulama (NU), dan Muhanmadiyah.

Wakaf adalah pelaksanaan kegiatan Ajaran Agama Islam bagi per orangan umat Islam untuk mengeluarkan sebagian hartanya kepada seseorang umat Islam atau sekumpulan umat Islam untuk digunakan sesuai keinginan hati nurani seseoran umat Islam dalam meningkatkan ketakwaannya kepada Allah yang Maha Esa.

“Karena keinginan mengeluarkan wakaf adalah hak seseorang pribadi umat islam yang berbeda beda antar pribadi umat Islam, maka wakaf yang diarahkan digabung dikelola oleh Institusi Negara RI yang bukan Negara Islam akan melenceng dari Ajaran Agama Islam.”

Berdasarkan kepada hal yang tersebut butir 1 dan 2 diatas maka kami menyampaikan pendapat: Negara tidak mengatur wakaf umat Islam.Negara membebaskan Umat Islam menyerahkan wakaf kepada pihak yang dituju sesuai hati nurani dalam menjalankan Ajaran Agama Islam.

Kami akan menyerahkan wakaf ke Institusi Negara apabila Republik Indonesia adalah Negara Republik Islam Indonesia. Demikian pendapat kami umat islam yang namanya tercantum dibawah ini dengan harapan Presiden RI dapat memaklumi.

 

News Feed