oleh

Ulama yang Dicap Radikal dan Dizalimi Penguasa

Maslahat Umat | Rasulullah Saw bersabda: “Pada akhir zaman nantiakan ada polisi-polisi yang berangkat pagi-pagi dalam keadaan dimurkai Allah dan pulang di sore hari dalam keadaan dimurkai Allah, maka janganlah kalian menjadi teman dekat mereka.” (HR. At-Thabrani)

“Dan janganlah sekali-kali kamu wahai Muhammad mengira bahwa Allah lalai dari apa yang diperbuat oleh orang-orang yang zalim. Sesungguhnya Allah memberi tangguh kepada mereka sampai hari yang pada hari itu mata mereka terbelalak. ” (QS. Ibrahim: 42)

Imam Ibnu Katsir Asy-Syafii rahimahullah berkata: “Janganlah kamu mempunyai dugaan bahwa Allah melupakan orang-orang yang zalim dan membiarkan mereka tanpa menghukum mereka karena perbuatannya, hanya karena Allah menangguhkan ajal kebinasaan mereka. Bahkan Allah menghitung-hitung semua perbuatan zalim yang mereka lakukan dengan perhitungan yang sangat terperinci. ”

Ulama yang Dizalimi

Ketahuilah, ulama terdahulu juga dizalimi penguasa. Bahkan para nabi lebih hebat lagi ujiannya. Bukan hanya dikejar, tapi juga hendak dibunuh oleh para penguasa zalim di negaranya. Sebut saja Nabi Musa as yang dikejar dan mau dibunuh oleh Fir’aun. Dan para nabi lainnya dari masa ke masa hingga masa akhir zaman (Kita, umat Nabi) terakhir.

Begitu juga Nabi Ibrahim as. Ia ibakar oleh raja Namrud. Tapi Allah selamatkan. Nabi Isa as dikejar dan disalib. Lalu Allah selamatkan, yang disalib adalah penghianat bernama Yudas

Rasulullah Saw di masa kekuasaan kafir qurais dan penguasa” kafir dzolim, mereka memburu dan memerintahkan utk membunuhnya. Namun atas dan kehendak kekuasaan Allah, tidak ada satupun penguasa melebihi kekuasaan Allah. Tidak ada makar yg lebih dahsyat dr makar Allah. Mereka (para penguasa dzolim) Allah binasakan. Sejarah akan terus terulang.

Berikut ini adalah ulama yang dizalimi penguasa di zamannya:

IMAM SYAFI’IE Rahimahullaah. Tangan dan kakinya dirantai lalu dibawa menghadap pemerintah dan hampir-hampir dipancung karena dituduh Syiah dan pemecah-belah masyarakat.

IMAM HANAFI Rahimahullaah. Ditangkap, dipenjara, dicambuk, disiksa dan dipaksa minum racun oleh pemerintah lalu meninggal dunia karena tidak setuju dengan dasar-dasar pemerintah.

IMAM MALIK Rahimahullaah. Dicambuk dengan cemeti lebih dari 70 kali sepanjang hayatnya oleh pemerintah kerana sering mengeluarkan pernyataan yang bertentangan dengan kehendak pemerintah.

IMAM HAMBALI Rahimahullaah. Dipenjara oleh pemerintah dan dirotan belakangnya hingga hampir terlucut kainnya karena mengeluarkan fatwa yang bertentangan dengan kehendak pemerintah. Pemerintah menganggap mereka lebih betul daripada ulama.

SUFYAN AT TSAURI Rahimahullaah. Seorang wali Allah yang termasyhur. Ditangkap tanpa bicara karena berani menegur kesalahan khalifah dan dihukum gantung tetapi sewaktu hukuman hendak dijalankan kilat dan petir menyambar pemerintah dan menteri-menterinya lalu mereka mati tertimbun tanah.

SAID BIN JUBAIR Rahimahullaah. Seorang wali Allah yang dikasihi harimau. Dibunuh karena didakwa memecah-belahkan masyarakat, menentang kerajaan dan berkomplot untuk menjatuhkan pemerintah.

ABU YAZID AL-BUSTAMI Rahimahullaah. Wali Allah yang terkenal dengan berbagai karomah. Dituduh sesat karena ilmu agamanya lebih tinggi daripada pemerintah. Dihukum pancung oleh pemerintah tetapi tiada siapapun berhasil memancungnya.

ABUL HUSIN AN-NURI Rahimahullaah. Wali Allah yang mampu menundukkan api. Ditangkap dan hampir dihukum karena dia menentang tindakan pemerintah yang membenarkan minuman arak berleluasa dalam negara.

IMAM NAWAWI ADDIMASYQIY Rahimahullaah. Hampir-hampir dipukul dan telah dibuang negara oleh pemerintah karena menegur tindakan pemerintah menyalahgunakan uang rakyat. Juga seorang wali Allah yang terkenal sepanjang zaman. []

 

News Feed