oleh

Stop Kriminalisasi Ulama, Jerat Hukum bagi Penyebar Identitas Pasien

Maslahat Umat | Imam Besar Habib Rizieq Shihab baru saja pulang dari RSU Ummi Bogor ke rumah kediaman di Petamburan, Jakarta, langsung dapat Surat Panggilan dari Polda Metro Jaya untuk  diperiksa pada hari Selasa, 1 Desember  2020.

Polri terus ngotot untuk mencari-cari kesalahan IB-HRS dengan berbagai macam cara. Bahkan Habib Hanif Alatas, menantu IB-HRS ikut dipanggil juga, karena memang sedang diincar terus oleh Polri.

Umat Islam sudah Muak dengan perilaku keji Polri. Laskar, Jawara & Pendekar sudah siap menjaga dan mengawal IB-HRS beserta Keluarga apa pun yang terjadi. Dan jika IB-HRS harus datang ke Mapolda Metro Jaya, maka bisa dipastikan jutaan umat Islam akan tumpah ruah menumpuk di Mapolda Metro Jaya.

Polri terus memancing kerumunan dan kemarahan umat Islam. Entah ada rencana jahat apa lagi yang sdg mereka lakukan.Situasi bagai Api dalam dalam sekam, sehingga setiap saat bisa meledak dan membakar kemana-mana.

Kerahasiaan Pasien

Pada dasarnya, setiap pasien mempunyai hak mendapatkan privasi dan kerahasiaan penyakit yang diderita termasuk data-data medisnya. Ini diatur dalam Pasal 32 huruf i Undang-Undang Nomor 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit (“UU 44/2009”),

Hak serupa juga diatur dalam Pasal 57 ayat (1) Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 Kesehatan (“UU Kesehatan”) dan Pasal 17 huruf h angka 2 Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (“UU KIP”) yang pada pokoknya mengatur bahwa setiap orang berhak atas rahasia kondisi kesehatan pribadinya yang telah dikemukakan kepada penyelenggara pelayanan kesehatan dan setiap badan publik wajib membuka akses bagi setiap pemohon informasi publik untuk mendapatkan informasi publik, kecuali, salah satunya, mengenai riwayat, kondisi dan perawatan, pengobatan kesehatan fisik, dan psikis seseorang, karena bila dibuka dan diberikan kepada pemohon informasi publik dapat mengungkapkan rahasia pribadi.

Rahasia kedokteran adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan hal yang ditemukan oleh dokter dan dokter gigi dalam rangka pengobatan dan dicatat dalam rekam medis yang dimiliki pasien dan bersifat rahasia. []

News Feed