oleh

PP DMI Ingatkan Takmir Masjid agar Gulung Karpet, Jaga Jarak dan Hindari Salaman

JAKARTA | Maslahat Umat – Pimpinan Pusat Dewan Masjid Indonesia (PP DMI) terus melakukan sosialisasi Surat Edaran terkait pencegahan penyebaran Covid-19 kepada Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) di seluruh Indonesia.

Berdasarkan Al-Qur’an Surah al-Baqarah, ayat: 222: Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan orang-orang yang menjaga kesucian/kebersihan diri. Demikian pula Sabda Nabi Muhammad SAW, kebersihan itu sebagian dari man. Juga mengacu pada Fatwa Majelis Ulama Indonesia Nomor 14 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan lbadah dalam Situasi Terjadi Wabah Covid-19.

“PP DMI meminta kepada seluruh Takmir Masjid agar menjalankan petunjuk selama penyebaran wabah COVlD-19. DMI mengajak umat Islam untuk meningkatkan doa dan Qunut Nadzilah,” kata Ketua PP DMI H.M Jusuf Kalla.

DMI juga memberi arahan kepada Takmir masjid, adzan tetap dikumandangkan sesuai waktu shalat, dan shalat jamaah terbatas dengan jarak minumum 1 meter tiap jamaah. Setiap hari masjid agar dibersihkan dengan karbol atau sejenisnya, dan yang memakai karpet agar digulung.

“Di Kota-Kota atau Wilayah yang terjadi penularan virus corona dengan potensi tinggi/zona merah yang ditetapkan oleh Pemerintah, maka Shalat Jumat di Masjid ditiadakan dan masing-masing mengganti dengan Shalat Dhuhur di Rumah (Fatwa MUI). Begitupula Shalat 5 waktu dan Shalat Tarawih pada bulan Ramadhan nanti, dilaksanakan di Rumah masing-masing,” kata Jusuf Kalla.

Apabila kondisi penularan virus corona telah menurun, lanjut Jusuf Kalla, Shalat dapat dilakukan di Masjid dengan tetap menjaga jarak dan menghindari salaman, serta tetap membawa sajadah masing-masing.Berbagai acara keagamaan yang menghadirkan jamaah ditiadakan. Demikianlah petunjuk ini untuk dilaksanakan sebaik-baiknya, demi kemaslahatan kita semua. (des)

News Feed