oleh

Obat Hati yang Keras

Pemateri: Ustadz Faisal Kunhi MA

Maslahat Umat | Dari Abu Darda ra, ia berkata, “Datang kepada Nabi seorang lelaki yang mengeluh tentang hatinya yang keras, lalu Nabi saw bersabda, ‘Maukah hatimu menjadi lembut dan engkau mendapatkan apa yang engkau inginkan?’

Kasihanilah yatim, usaplah kepalanya, berikanlah ia makanan yang engkau makan; maka akan lembut hatimu dan engkau akan mendapatkan apa yang engkau inginkan'”.
(Hadits Shahih riwayat Baihaqi).

Penjelasan:

Jika hatimu keras, itu tanda engkau kurang berbagi, maka obatilah dengan menyayangi para yatim.

Yatim adalah yang wafat ayahnya dan dia belum baligh. Usaplah kepala yatim dengan penuh kasih sayang, kemudian engkau beri minyak dan sisir rambutnya lalu engkau santuni.

Jika engkau mengasuh yatim, maka berikanlah makan apa yang engkau makan; jangan sampai engkau makan enak dan memperkaya diri dengan harta yatim, lalu yatim engkau beri makan seadanya.

Jika engkau memiliki keinginan yang belum terkabul, maka kasihanilah yatim karena Allah menolong seorang hamba selama hamba itu menolong saudaranya.

Dari Ibnu Umar, Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Siapa yang biasa membantu hajat saudaranya, maka Allah akan senantiasa menolongnya dalam hajatnya.”  (HR. Bukhari dan Muslim)

News Feed