oleh

Muntah Tidak Sengaja Batal Puasa?

Diasuh oleh: Ustadz Farid Nu’man Hasan

Maslahat Umat |Ustadz, saya mau bertanya, saya kalau sikat gigi selalu mual dan muntah karena sikat yang masuk ke rongga mulut sering membuat mual muntah meskipun tidak disengaja muntahnya, sering juga dalam keadaan berpuasa, apakah puasa saya batal ustadz jika muntah? Apakah termasuk muntah yang disengaja jika seperti itu?

Jawaban

Nabi ﷺ bersabda: Barang siapa yang terdesak oleh muntah (tidak disengaja) dan dia sedang puasa, maka dia tidak wajib qadha, dan jika sengaja muntah maka dia wajib qadha. (HR. Abu Daud No. 2383, shahih)

Berkata Syaikh Sayyid Sabiq Rahimahullah tentang pembatal shaum: Muntah sengaja (adalah batal), jika dia terdorong oleh muntah (tidak sengaja) maka tidak ada qadha’ dan tidak ada kafarah. (Fiqhus Sunnah, 1/465)

Imam Al Khathabi Rahimahullah mengatakan: Aku tidak ketahui adanya perbedaan pendapat para ulama tentang orang yang terdesak oleh muntah bahwa dia tidak ada qadha’, begitu juga -tidak ada perselisihan- bagi orang yang sengaja muntah maka wajib baginya qadha’. (Ibid, 1/466)

Maka, penjelasan ini menunjukkan bahwa muntah tidak membatalkan shaum jika tidak sengaja, dan batal Jika sengaja.

Saran saya gosok giginya pelan aja, pake perasaan.. Biar tidak terlalu masuk dan terpancing muntah..

Wallahu A’lam

Dipersembahkan oleh : www.manis.id

News Feed