oleh

Mengetahui Arah Kiblat Setelah Shalat

Diasuh oleh: Ustadz Farid Nu’man Hasan

Maslahat Umat | Ustadz, saya mau bertanya, jika kita tahu arah kiblat shalat yang benar setelah shalat apa yang harus dilakukan? Apakah mengulang shalat?

Jawaban

Jika kasusnya sudah berusaha berijtihad mencari arah kiblat, tidak ada orang lain pula yang bisa ditanyakan, ternyata diketahui belakangan arah kiblatnya salah, maka sebagian ulama mengatakan shalatnya sah dan tidak perlu mengulang.

Bertaqwalah kepada Allah semampu kalian. (QS. At Taghabun: 16)

Dalam Al Lajnah Ad Daimah: Jika seseorang yang shalat sudah bersungguh-sungguh dalam mencari kiblat, lalu dia shalat, namun kemudian jelas baginya apa yang dia dapatkan itu salah, maka shalatnya tetap sah. (Al Lajnah Ad Daimah, 6/314)

Ada pun jika tidak diawali pencarian kiblat, tidak nanya pula ke sana sini, dia langsung shalat saja dan ternyata salah kiblatnya maka ini wajib ulang.

Jika seseorang shalat tanpa kesungguhan (mencari kiblat) dan taklid (kepada orang yang ditanya), jika dia salah, maka hendaknya dia mengulangnya, jika benar maka tidak usah mengulang menurut pendapat yang shahih. (Syarhul Mumti’, 2/287)

Sebagian lain mengatakan kedua kondisi itu tetap ulang, baik dia sungguh-sungguh mencari kiblat atau tidak.

Imam An Nawawi Rahimahullah mengatakan: Siapa yang shalat dan dia bersungguh-sungguh mencari kiblat lalu dia yakin dia salah maka dia mesti qadha menurut pendapat yang benar (Minhajuth Thalibin, Hal. 24)

Demikian. Wallahu a’lam

News Feed