oleh

Ketika Jodoh Tak Kunjung Datang

Diasuh oleh: Ustadz Faisal Kunhi, MA.

Maslahat Umat | Ustadz, saya ingin bertanya. Hingga saat ini saya masih saja menjomblo, kenapa jodoh saya tidak kunjung datang? Padahal usaha dan doa selalu dipanjatkan.

Jawaban

Jodoh sulit datang bisa jadi karena dosa, karenanya perbanyaklah istighfar jika jodohmu tidak kunjung datang, maka insya Allah akan ada jalan keluar setelah itu.

Hal ini berdasarkan sabda Rasulullah SAW: “Barang siapa memperbanyak istighfar; niscaya Allah memberikan jalan keluar bagi setiap kesedihannya, kelapangan untuk setiap kesempitannya dan rizki dari arah yang tidak disangka-sangka” (HR. Ahmad dari Ibnu Abbas dan sanadnya dinilai sahih oleh al-Hakim serta Ahmad Syakir).

Jodoh sulit datang bisa jadi engkau sering menolak calon yang ditawarkan kepadamu; jadi sebenarnya jodohmu mudah, hanya engkau yang mempersulit.

Seseorang yang sering menolak jodoh yang ditawarkan kepadanya bisa jadi karena ada jin yang mencintainya, dan salah satu tanda orang dicintai jin adalah ia sering berhubungan badan; demikian jelas Syaikh Wahid Abdussalam Bali, salah seorang pakar Ruqyah dari Mekkah.

Jodohmu sulit datang bisa jadi karena engkau mencari yang sempurna, padahal dirimu tidak sempurna; bagaimana mungkin mendapatkan pasangan yang tidak memiliki kekurangan.

Pepatah Arab berkata, “Barang siapa yang mencari saudara yang tidak memiliki aib maka ia tidak akan memiliki saudara.”

Maka turunkanlah standar dan kriteriamu yang muluk-muluk, tetapi jangan turunkan standar agama dan akhlak jika engkau tidak ingin merugi karena ia adalah fondasi dasar kehidupan berumah tangga.

Rasulullah SAW bersabda: “Perempuan itu dinikahi karena empat faktor yaitu agama, martabat, harta dan kecantikannya. Pilihlah perempuan yang baik agamanya. Jika tidak, niscaya engkau akan menjadi orang yang merugi”.(HR. Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah)

Dipersembahkan oleh : www.manis.id

News Feed