oleh

Jin Perempuan Ummu Shibyan

Diasuh oleh: Ustadz Farid Nu’man Hasan

Maslahat Umat |Ustadz, saya mau bertanya, apakah benar jin perempuan Ummu Sibyan itu mengganggu anak dibawah 2 tahun dan ibu hamil? Jadi kita saat magrib harus menutup pintu dan jendela pada saat magrib, mohon penjelasannya.

Jawaban

Perintah untuk memasukkan anak kecil ke rumah, saat maghrib, ada dalam hadits Shahih, TAPI TIDAK ADA KAITAN DENGAN UMMU SHIBYAN.

Dari Jabir bin Abdillah radhiyallahu ‘anhu ketika beliau menyampaikan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Jika masuk awal malam –atau beliau mengatakan: jika kalian memasuki waktu sore- maka tahanlah anak-anak kalian karena setan sedang berkeliaran pada saat itu. Jika sudah lewat sesaat dari awal malam, bolehlah kalian lepaskan anak-anak kalian. Tutuplah pintu-pintu dan sebutlah nama Allah karena setan tidak bisa membuka pintu yang tertutup.” (HR. Al-Bukhari no. 3304 dan Muslim no. 2012).

Ada hadits-hadits tentang Ummu Shibyan, rata-rata dhaif, munkar, bahkan palsu. Namun nama Ummu Shibyan, sebagai jin pengganggu bayi, memang benar tertera dan dikenal dalam kitab-kitab para ulama. Demikian. Wallahu a’lam

News Feed