oleh

Jika Suami Impoten, Bolehkan Istri Masturbasi?

Diasuh oleh: Ustadz Farid Nu’man Hasan

Maslahat Umat | Saya mau bertanya, ada seorang suami istri sudah 1 tahun menikah, ternyata sang suami sakit impoten, sehingga sang istri tidak pernah puas dengan kebutuhan batinnya. Awalnya sang istri sabar dan terima dengan keadaannya, tapi setelah lama diapun tidak tahan dan akhirnya memuaskan dengan cara masturbasi. Bagaimana hukumnya ustadz? yang berdosa suaminya atau istrinya?

Jawaban

Hendaknya suaminya berobat, dimotivasi, dibantu. Untuk masturbasi/onani, umumnya ulama mengharamkan, sebagian membolehkan dengan syarat. Tapi, ada solusi dari sebagian ulama yaitu dengan Tangan pasangan yang sah.

Imam Ibnu Hajar Al Haitami Rahimahullah berkata: Yaitu mengeluarkan air mani dengan tanpa jima’ adalah haram, seperti mengeluarkannya dengan tangannya sendiri, atau BOLEH dengan tangan istrinya. (Tuhfatul Muhtaj, 3/409)

Imam Al Hijawiy Rahimahullah berkata: Seorang suami boleh bersenang-senang terhadap istrinya ditiap waktu yaitu dalam berbagai sifat (cara) jika melalui kemaluan, dan baginya boleh mengeluarkan air maninya dengan tangan istrinya. (Al Iqna’, 3/239)

Dalil pembolehan ini adalah ayat: Dan orang yang memelihara kemaluannya, kecuali terhadap istri-istri mereka atau hamba sahaya yang mereka miliki; maka sesungguhnya mereka tidak tercela. (QS. Al-Mu’minun: 5-6). []

News Feed