oleh

Inilah Agenda yang Dibahas dalam Munas X MUI

JAKARTA|Maslahat Umat — “Mengingat negeri kita masih dilanda wabah Covid-19, maka penyelenggaraan Munas X MUI ini tetap dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Demikian dikatakan Ketua Panitia Pelaksana Munas X MUI Tahun 2020, H. Basri Bermanda, MBA dalam sambutannya, Rabu (25/11/2020) malam pada Pembukaan Munas X MUI Tahun 2020.

Hadir dalam Munas X MUI, Presiden RI Joko Widodo, Wakil Presiden RI yang juga Ketua Umum MUI Pusat, KH. Maruf Amin, Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo, Ketua DPR RI, Puan Maharani, Ketua MK RI, Anwar Usman, Wakil Menteri Agama RI sekaligus Wakil Ketua Umum MUI Pusat, Zainut Tauhid Saadi.

Juga hadir, Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo; Wakil Ketua Dewan Pertimbangan MUI Pusat, KH. Didin  Hafidhuddin; Ketua Umum Pengurus Pusat Dewan Masjid Indonesia, H.M. Jusuf Kalla; Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan; Duta Besar Afganistan; Duta Besar Malaysia; Duta Besar Pakistan; Para pengurus MUI provinsi se-Indonesia; Peserta Munas X MUI.

Beberapa kebijakan dan keputusan panitia dalam rangka penerapan protocol Kesehatan antara lain: Semua peserta dan panitia serta tim pendukung yang mengikuti acara Munas diharuskan mengikuti test Swab PCR dan antigen dan hanya mereka yang hasil tesnya negatif yang dapat masuk ke dalam hotel dan mengikuti Munas.

“Mengurangi jumlah peserta namun jumlah unsur yang hadir tetap terjamin. Selain itu, semua peserta dan panitia serta tim pendukung memakai masker dan pelindung wajah (face shield) selama acara berlangsung dan selama di lingkungan hotel. Bahkan, makanan dan minuman disajikan dalam bentuk box dan diantar ke kamar peserta dan panitia,,” kata H. Basri Bermanda.

Adapun kegiatan Munas dilakukan dalam dua bentuk: Secara tatap muka atau offline atau luar jaringan (luring) di dua hotel, yakni Hotel Sultan, Jakarta dan di Hotel Atlet Century, Jakarta. Dan secara virtual atau online atau daring (dalam jaringan) di rumah, kantor, atau tempat lain dari masing-masing peserta.

Peserta Munas berasal dari unsur: Pimpinan Harian MUI Pusat, Pimpinan Wantim MUI Pusat, Perwakilan MUI Provinsi, Unsur ormas Islam tingkat pusat, Unsur perguruan tinggi Islam, Unsur pondok pesantren.

Dilaporkan, jumlah peserta yang akan mengikuti Munas secara luring atau offline di Hotel Sultan sebanyak 78 orang dan di Hotel Atlet Century sebanyak 59 orang sehingga keseluruhan berjumlah 137 orang.  Peserta yang mengikuti Munas di Hotel Atlet khusus dari Komisi Fatwa MUI Pusat dan Komisi Fatwa MUI Provinsi se-Indonesia.

Jumlah peserta yang mengikuti secara online sebanyak 63 orang dari seluruh provinsi di tanah air. Jumlah peserta secara keseluruhan 200 orang. Sebagian peserta masih dalam proses registrasi dan pendataan sehingga jumlah peserta masih akan bertambah walau diperkirakan tidak banyak penambahannya.

Munas akan berlangsung selama tiga hari, Rabu sampai Jumat yad, tanggal 25 sampai 27 November 2020. Munas akan membahas: Penyempurnaan PD PRT MUI, Penyempurnaan Wawasan MUI, Garis-Garis Besar Program MUI Periode 2020-2025, Fatwa, Rekomendasi dan Taujihat Jakarta, dan memilih Ketua Umum MUI Pusat dan membentuk Pimpinan Harian MUI Pusat dan Pimpinan Dewan Pertimbangan MUI Pusat.

“Untuk lebih optimal dan lancarnya pelaksanaan Munas ini, kami bekerja sama dengan berbagai lembaga pemerintah dan swasta. Kami ucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi atas dukungan, bantuan dan partisipasi: Bank Indonesia, BNPB/Satgas Covid-19, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Baznas RI, Telkom Indonesia, BNI Syariah, Bank Mandiri Syariah, BRI Syariah,” jelas H. Basri Bermanda selaku Ketua Panitia Pelaksana.

Basri Bermanda mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan mendukung pelaksanaan Munas MUI ini. “Semoga Allah SWT membalas dengan kebaikan, kesehatan dan keberkahan. Aamin. Kami mohon maaf apabila ada salah dan kurangnya dalam penyelenggaraan Munas X MUI ini. Semoga Allah SWT memberikan kelancaran dan kesuksesan serta keberkahan Munas X MUI dan semoga menghasilkan keputusan yang membawa kemajuan dan kemaslahatan umat dan bangsa kita,” ucapnya. (des)

 

 

 

News Feed