oleh

Hukum Shalat Di Atas Kasur

Diasuh oleh: Ustadz : Farid Nu’man Hasan

Maslahat Umat | Ustadz, saya mau bertanya, apakah boleh shalat diatas kasur? (kasur kapuk bukan busa jd tidak empuk).

Jawaban

Salah satu rukun shalat adalah qiyam (berdiri), khususnya pada shalat wajib. Berdiri yg dimaksud adalah berdiri menapak dipermukaan bumi. Sehingga sebagian kecil ulama tegas menyatakan tidak sahnya shalat di atas kasur, bahkan di atas pesawat, KECUALI ada uzur. Misal, lantai berlumpur atau kebanjiran. Tentu kondisi sperti itu boleh.

Namun, mayoritas ulama tidak mempermasalahkan shalat di atas kasur yg suci atau sesuatu yang meninggi asalkan kaki kaki kasur tersebut masih menapak di permukaan bumi.

Imam Al Hathab berkata: Shalat di atas kasur, tidak ada perbedaan pendapat (dalam madzhab Malikiyah) tentang kebolehannya. Selesai (Mawahib al Jalil, 1/520)

Imam an Nawawi Rahimahullah mengatakan: Syarat sahnya shalat adalah hendaknya orang yang shalat menghadap kiblat secara mantap seluruh bagian tubuhnya.., seandainya sudah menghadap kiblat, sempurna rukun-rukunnya, baik dilakukan di pelana, kasur, atau semisal keduanya yang diletakkan di atas punggung hewan, maka ada dua pendapat dan yang lebih shahih adalah SAH, dan inilah pendapat mayoritas ulama, sebagaimana shalat di atas kapal laut. (Al Majmu’ Syarh al Muhadzdzab, 3/221)

Demikian. Wallahu a’lam

Dipersembahkan oleh : www.manis.id

News Feed