oleh

Hukum Berbekam, Cabut Gigi dan Donor Darah Saat Berpuasa

Diasuh oleh: Ustadz Djunaedi, SE

Maslahat Umat | Ustadz, saya mau bertanya untuk orang berpuasa, bolehkah melakukan bekam dan donor darah dan juga cabut gigi?

Jawaban

Sejak zaman nabi, berbekam adalah media pengobatan yang luar biasa. Hingga berbekam menjadi bagian dari sunnah yang baik dilakukan. Selain mendapat pahala berbekam juga baik untuk kesehatan kita. Hal ini di karenakan bekam adalah proses pengeluaran darah kotor yang berpotensi menjadi penyebab penyakit di tubuh kita.

Selain berbekam, ada juga proses pengeluaran darah dari tubuh kita seperti donor darah. Donor darah berbeda dengan bekam, donor darah adalah proses mengambil darah dari dalam tubuh untuk disimpan kemudian di berikan atau di donorkan kepada orang lain.

Lalu bagaimana dong hukumnya bekam dan donor darah saat berpuasa? mengingat banyak orang yang ingin melakukan bekam ataupun donor darah di Bulan Ramadan tapi takut puasanya batal. Demikian halnya dengan cabut gigi, ambil sample darah, dan hal hal sejenisnya.?

Dibawah ini jawaban Ustaz Farid Nu’man,

Tidak mengapa jika tidak sampai melemahkan badan, dan tidak pula darah itu tertelan bagi yang cabut gigi. Madzhab Hambali tidak membolehkan tapi dalil yang lebih kuat adalah boleh.

Ini dalilnya: “Dari Ibnu ‘Abbas Radhiallahu ‘Anhuma, bahwa Nabi ﷺ berbekam dan beliau sedang ihram, dan pernah berbekam padahal sedang berpuasa.” (HR. Bukhari No. 1938)

Dari Tsabit Al Bunani: Anas bin Malik ditanya: “Apakah Anda memakruhkan berbekam bagi orang puasa?” beliau menjawab: “Tidak, selama tidak membuat lemah.” (HR. Bukhari No. 1940)

Dipersembahkan oleh : www.manis.id

News Feed