oleh

Cara Mengubah Watak Keturunan

Diasuh oleh: Ustadz Farid Nu’man Hasan

Maslahat Umat | Ustadz, saya mau bertanya, apakah watak keturunan bisa di ubah dengan do’a? Bagaimana kiat-kiatnya misal ke anak. Maksudnya si anak nurun dari ayahnya.

Jawaban

Umumnya dan biasanya bagaimana orangtua, maka begitulah anak. Tapi, tidak selalu demikian. Kasus anak yang shalih dari keluarga yang orang tuanya jahat, atau anak yang jahat dari orang tua yang shalih. Ini juga pernah ada, bahkan dialami keluarga para Nabi, seperti Nabi Nuh ‘Alaihissalam dengan anaknya Kan’an. Oleh karena itu yang diperlukan dalam membentuk karakter anak yang shalih adalah:

Didiklah anak sejak Anda memilih suami atau istri. Semua teori pendidikan anak tidak akan efektif dan sia-sia jika dimainkan oleh orangtua yang tidak bisa menerapkannya. Apa manfaat pedang tajam, ditangan orang yang tidak bisa membedakan aman pedang mana kayu?

Berikanlah nama yang baik-baik bagi anak agar itu menjadi doa dan syiar baginya; Berikan keteladanan dari orangtua kepada anaknya. Di mana pun orangtua itu membersamai anaknya; – Didiklah anak dengan adab-adab Islam dan ilmu, yang utama adalah aqidah seperti ma’rifatullah, ma’rifaturrasul, dan lainnya; Doakan anak kita, misalnya:

Rabbanaa hablanaa min azwaajinaa wa dzuriyyatinaa qurrota a’yun (Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami pasangan dan keturunan dari kalangan kami sebagai penenang hati)

Juga doa: Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang yang tetap melaksanakan shalat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku.

Demikian. Wallahu a’lam

News Feed