oleh

Batalkah Shalat Tidak Membaca Sami Allahu liman Hamidah

Diasuh oleh Ustadz Farid Nu’man Hasan

Maslahat Umat | Ustadz, saya mau bertanya, ada imam pada shalat isya, ketika bangkit dari ruku ke itidal pada rakaat kedua sampai ke empat tidak mengucapkan sami’Allahu limanhamidah, tapi mengucapkan Allahu Akbar, hanya pada rakaat pertama saja dia mengucapkan samiAllahu limanhamidah, mungkin karena lupa atau bagaimana. Apakah sah shalatnya ustadz ? Atau apakah harus sujud sahwi?

Jawaban

Ucapan Sami’allahu liman hamidah adalah SUNNAH menurut mayoritas ulama:

– Hanafiyah (Al Fatawa al Hindiyah, 1/74, Bada’i ash Shana’i, 1/209)

– Malikiyah (Adz Dzakhirah, 2/217)

– Syafi’iyah (Raudhatuth Thalibin, 1/252)

Dalilnya, karena Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam pernah mengalami bangkit dari ruku’ juga membaca takbir…

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا قَالَ سَمِعَ اللَّهُ لِمَنْ حَمِدَهُ قَالَ اللَّهُمَّ رَبَّنَا وَلَكَ الْحَمْدُ وَكَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا رَكَعَ وَإِذَا رَفَعَ رَأْسَهُ يُكَبِّرُ وَإِذَا قَامَ مِنْ السَّجْدَتَيْنِ قَالَ اللَّهُ أَكْبَرُ

Dari Abu Hurairah berkata, “Jika Nabi ﷺ membaca: ‘SAMI’ALLAHU LIMAN HAMIDAH (Semoga Allah mendengar pujian orang yang memuji-Nya) ‘, maka beliau melanjutkan dengan: ‘RABBANAA WA LAKAL HAMDU (Wahai Rabb kami, bagi-Mu lah segala pujian) ‘. Jika Nabi ﷺ rukuk dan MENGANGKAT KEPALANYA, beliau BERTAKBIR, dan jika bangkit dari dua sujud (dua rakaat), beliau mengucapkan ‘Allahu Akbar’.” (HR. Muttafaq ‘Alaih)

Menurut mayoritas ulama ini menunjukkan Sami’allahu liman hamidah adalah sunnah. Sehingga jika lupa bacanya, atau ketukar takbir, tidak apa-apa dan tidak ada sujud sahwi.

Sementara HAMBALIYAH mengatakan Wajib (Al Mughni, 1/362), ini juga pendapat Ishaq bin Rahawaih, Ibnu Baaz, Ibnu al ‘Utsaimin, dll. Jika lupa, maka wajib sujud sahwi. Jika SENGAJA, maka batal shalatnya.

Demikian. Wallahu a’lam

Dipersembahkan oleh : www.manis.id

News Feed