oleh

Apa yang Kita Baca Kepada Orang Sakit?

Diasuh oleh: Ustadz Farid Nu’man Hasan, S.S.

Maslahat Umat | Para ulama -seperti yang disampaikan Imam Ibnu Katsir- menamakan surat Al Fatihah adalah Asy Syifa (obat) dan Ar Ruqyah (mantera). (Lihat Tafsir Ibnu Katsir, Jilid 1, Hal. 101. Cet. 2, 1999H-1420M. Daruth Thayyibah)

Hal ini berdasarkan riwayat berikut: Dari Abu Said Al Khudri, Nabi bertanya; min aina ‘alimtum annaha ruqyah? – “Dari mana kamu tahu bahwa dia ruqyah?” (HR. Abu Daud No. 3418, 3900. Hadits ini shahih. Lihat Shahih wa Dhaif Sunan Abi Daud No. 3418, 3900)

Dalam riwayat Al Bukhari: Wa maa adraaka annaha ruqyah? -“Apakah kamu tidak tahu bahwa dia ruqyah?” (HR. Bukhari No. 5736)

Dalam riwayat Al Bukhari lainnya: Wa maa kaana yudrihi annaha ruqyah? – “Apakah dia tidak tahu bahwa itu ruqyah?”. (HR. Bukhari No. 5007)

Dalam sebuah riwayat: Fatihatul Kitab adalah obat dari setiap racun/penyakit. (HR. At Tirmidzi No. 2878, Al Hakim, Al Mustadrak, 2/259, dll. Status: Dhaif, Lihat Dhaiful Jaami’ No. 3951)

Membaca Laa ba’sa thahuurun Insya Allah

Dari Ali Radhiallahu ‘Anhu, bahwa ketika Nabi ﷺ menjenguk seorang A’rabiy yang sakit, Beliau berkata: Tidak apa-apa, ini mensucikan, Insya Allah. (HR. Al Bukhari No. 3616, 5656, 5662)

Imam Ibnu Hajar Rahimahullah, menjelaskan “mensucikan/thahuur” di sini yaitu mensucikan dari dosa-dosamu, bukan hanya bermakna pensuci saja, kalimat Insya Allah menunjukkan bahwa thahuur di sini bermakna doa. (Fathul Baari, 10/119)

Membaca 7 kali: As-alullahal ‘Azhim Rabbal ‘Arsyil ‘Azhim Ayyasyfiyaka

Dari Ibnu Abbas Radhiallahu ‘Anhuma, bahwa Nabi ﷺ bersabda: “Barang siapa yang menjenguk orang sakit dan dia belum menghadapi kematiannya, maka bacakanlah di sisinya tujuh kali: “As-alullahal ‘Azhim Rabbal ‘Arsyil ‘Azhim Ayyasyfiyaka – Aku mohon kepada Allah yang Maha Agung, Rabba-nya ‘Arsy yang Maha Agung semoga Dia menyembuhkanmu,” melainkan Allah akan menyembuhkan dia dari penyakitnya itu. (HR. Abu Daud No. 3106, At Tirmidzi No. 2083, Ahmad No. 2137. Lafaz ini milik Abu Daud. Dishahihkan oleh Syaikh Syu’aib Al Arna’uth)

Membaca; Adz-hibil ba’sa .. dst

Dari ‘Aisyah Radhiallahu ‘Anha, jika Nabi ﷺ menjenguk orang sakit atau orang sakit mendatanginya maka dia berdoa: “Wahai Rabbnya manusia, hilangkanlah penderitaannya, obatilah dan Engkau Maha Penyembuh, dan tidak ada obat kecuali obatMu, obat yang tidak meninggalkan rasa sakit. (HR. Muttafaq ‘Alaih)

Demikian. Wallahu A’lam

Dipersembahkan oleh : www.manis.id

News Feed