oleh

Aksi WIZ Bantu Korban Gempa Sulbar Sejak Hari Pertama

MAMUJU | Maslahat Umat — Kejadian gempa yang terjadi pada Jumat (15/1) dini hari dengan kekuatan magnitudo (M) 6,2 mengakibatkan banyaknya bangunan yang rusak. Sementara sejak berita ini diturunkan menurut data BNPB pada Sabtu (16/1) ditemukan 42 orang meninggal dunia, 800 orang luka-luka, dan 15.000 warga mengungsi.

Sejak hari pertama kejadian gempa, WIZ (Wahdah Inspirasi Zakat) telah menurunkan 25 orang anggota tim (5 di Majene, 20 di Mamuju), yang salah satunya seorang apoteker di rumah sakit. Ada 2 kecamatan konon terisolir dikarenakan jalan menuju lokasi terjebak banjir dan longsor di Majene, sebagaimana disampaikan oleh salah seorang korban melalui Bapak Ihsan, Apt., Koordinator WIZ Majene.

“Banyak korban juga yang luka-luka dirawat di rumah sakit. Tenaga medis sangat terbatas, perlu ada back up”, papar Ihsan yang juga merupakan tenaga medis di salah satu rumah sakit di Majene.

Pantauan relawan WIZ di lokasi pada Jumat (15/1) melihat ada 9 titik posko pengungsian di Mamuju yang telah dibangun pemerintah dan masyarakat sampai dengan sore kemarin. Adapun WIZ juga sudah membangun posko induk yang berlokasi di kompleks SDIT Wildan Wahdah Islamiyah Mamuju sejak hari ini, Sabtu (16/1) sebagai tempat penampungan sementara logistik yang akan disalurkan untuk kebutuhan korban gempa.

“WIZ di Mamuju sendiri telah melakukan beberapa kegiatan selain menurunkan tenaga relawan, dapur umum, juga memberikan bantuan darurat logistik seperti air minum dan makanan ringan”, sebagaimana paparan Miftah Kordinator Posko WIZ di Mamuju.

Rangkuman dari kebutuhan yang sangat dibutuhkan oleh korban gempa di sana berdasarkan survey dari relawan WIZ di lokasi berupa makanan siap saji, sembako, air mineral, susu dan popok bayi, hygien kit, obat-obatan, pakaian dan selimut, dan tenda/terpal. Bagi para dermawan yang tersentuh hatinya dalam melihat keprihatinan saudara-saudara kita di Majene dan Mamuju, bisa ikut terlibat dalam amal shaleh ini dengan menghubungi 08119745900 (WIZ Jakarta). []

News Feed