oleh

Komunitas Muslimah Menulis, Mengubah Dunia dengan Pena

Maslahat Umat | Berangkat dari sebuah kekhawatiran akan kondisi negeri ini yang semakin lama semakin karut marut. Ditambah lagi  berbagai problema yang menghimpit mulai dari masalah keluarga hingga masalah negara. Solusi  yang ditawarkan oleh  negari ini tidaklah pasti, penuh dengan ilusi, karena solusinya bukan dari aturan Sang Pencipta namun aturan dibuat oleh para penguasa yang berjiwa durjana.

Dengan latar belakang itu  para Muslimah terpanggil  dan berkewajiban untuk melaksanakan perintah Allah Yaitu berdakwah dengan ber amar ma’ruf nahi munkar (menyeru kepada kebaikan  dan mencegah kemunkaran). Sebagai wadah para muslimah untuk menyerukan kebaikan  dan mencegah kemunkaran, dibentuklah Komunitas  Muslimah Menulis (KMM).

Komunitas  Muslimah Menulis  (KMM) merupakan sebuah wadah bagi para Muslimah baik remaja puteri, para mahasiswa sampai ibu rumah tangga yang mempunyai  bakat, hobi dan keinginan untuk menulis. Terbentuknya KMM sejak  Maret 2018 di Kota Depok. KMM ini digerakkan oleh para Muslimah di Depok yang memiliki kemampuan, komitmen dan semangat yang tinggi dalam menulis.

“Dakwah yang kami lakukan  melalui perantara pena (kalam). Tulisan  dibuat dengan melihat fakta, menganalisa dan membuat solusi atas segala persoalan yang ada,” kata Koordinator KMM: Nurina P. Sari, S.ST

Nurina berharap, dengan tulisan-tulisan yang dibuat dari KMM akan mengubah cara pandang/paradigma masyarakat menjadi lebih baik yang selalu taat dan terikat dengan aturan Sang Pencipta manusia, Allah SWT, yakni syariat Islam yang kaffah.

Kegiatan KMM mencakup segala hal yang berkaitan dengan kepenulisan. Salah satunya mengadakan pelatihan kepenulisan bagi penulis pemula yang waktunya disesuaikan dengan kebutuhan. Serta membentuk beberapa kelompok penulis melalui WhatsApp grup guna mengontrol  siapa saja dari para penulis yang telah menyelesaikan tulisannya untuk dikirim ke media cetak dan daring. Untuk mengirim tulisan para muslimah, bisa dikirim melalui email: emakpeduligenerasi @gmail.com”. Tulisan yang dikirim akan dipublish  di sejumlah media Islam yang menjadi mitra KMM.”

KMM yang punya motto: ‘Ubahlah Dunia dengan Pena’ memiliki visi dan misi. Adapun visinya adalah mengopinikan kepada umat bahwa penerapan syariat Islam secara kaffah merupakan solusi atas segala problematika kehidupan. Sedangkan misinya, mengungkap dan mengurai permasalahan yang terjadi akibat diterapkannya aturan selain  Islam; menawarkan dan menjelaskan  Islam sebagai solusi yang wajib diterapkan.

Kepengurusannya terdiri dari Koordinator KMM (dipimpin Nurina P. Sari, S.ST), Koordinator Kepenulisan (Siti Aisyah, S.Sos), Koordinator Monitor Berita (Anik Wijayanti, S.Pd), Kordinator Kemahasiswaan (Annisa Fauziah, S.S). (des)

 

News Feed